LIGALAGU: Me-Ranking Lagu Terbaik Dengan Metode Liga


Setiap saya membuat list lagu terbaik, menentukan posisi pertama, kedua, dan seterusnya adalah hal sulit. Biasanya, yang pertama saya lakukan adalah membuat list lagu-lagu favorit. Kemudian saya urutkan ranking lagu-lagu tersebut menggunakan feeling. Saya mengurutkannya berulang-ulang kali hingga dirasa sesuai.

Kemarin, saya baca artikel keren di medium mengenai lagu terbaik Kanye West. Si penulis artikel memilih lagu terbaik Kanye dengan cara turnamen. Ya, seperti turnamen olahraga. Dia memilih 32 lagu Kanye lalu menandingkan setiap lagu: mulai dari 32 besar hingga semifinal dan final. Metode ini jelas lebih terstruktur dibanding metode feeling yang saya lakukan.

Berangkat dari ide tersebut, saya mendapat ide lain: bagaimana kalau menentukan lagu terbaik dengan metode liga? Bayangkan liga sepakbola dimana tim pesertanya adalah berbagai lagu favorit. Semua lagu akan ditandingkan satu sama lain. Juaranya adalah lagu dengan jumlah menang terbanyak.

Untuk mendukung metode liga tersebut, saya membuat template excel yang saya namai LIGALAGU. LIGALAGU akan membantu me-ranking lagu terbaik melalui tiga langkah sederhana. Download templatenya disini dan mari kita coba bersama.

STEP 1 - SELECT


Tulis 10 lagu favoritmu di tabel ini. Pastikan kamu melengkapi kesepuluh lagunya. Di contoh ini saya isi dengan lagu-lagu favorit saya di 2014 lalu. Setelah lengkap, klik link di bawah tabel atau klik sheet '2 - Battle'.

STEP 2 - BATTLE


Disini kita akan menandingkan setiap lagu: lagu pertama vs lagu kedua. Pada kolom 'winner', pilih lagu yang menurutmu lebih baik diantara kedua lagu. Total ada 45 pertandingan. Lengkapi sampai semua kolom 'winner' terisi. Setelah lengkap, klik sheet '3 - Results' untuk melihat hasilnya.

STEP 3 - RESULTS


That's it! Di langkah terakhir ini kita bisa lihat hasilnya. Setiap lagu akan memiliki ranking sesuai jumlah kemenangan. Dari contoh yang saya lakukan, juaranya adalah Problem dari Ariana Grande Feat. Iggy Azalea.

Bagaimana dengan lagu terbaik versimu - siapa juaranya?

Note: Tulisan ini saya publish juga di Kaskus dan Kompasiana

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resepsi Nikah on Budget: 50 Juta di Jakarta

Belum Berhasil di Rekrutmen UFLP (Unilever Future Leaders Program)

Menuju MT Star Danone