Resepsi Nikah on Budget: 50 Juta di Jakarta


Berapa biaya untuk menyelenggarakan resepsi pernikahan di Jakarta?

Bila saya tanya hal di atas ke teman dan saudara yang akan menikah, jawabannya tentu akan bermacam-macam. Di lingkungan keluarga dan pertemanan saya, saya memprediksi rata-rata akan menjawab bahwa resepsi pernikahan memerlukan biaya >100 juta. Angka yang wajar bukan?

Tebak berapa biaya yang kami keluarkan untuk resepsi pernikahan? Tidak lebih dari 50 juta.

Awalnya, bagi saya dan pasangan, 100-150 juta untuk pesta pernikahan di Jakarta adalah angka yang wajar. Mengundang 600 tamu, di venue wedding populer, dekorasi yang instagramable, hingga makanan yang bervariasi.

Namun kami tiba di pertanyaan: apakah efektif mengeluarkan biaya 100-150 juta untuk resepsi pernikahan? Apakah efektif menghabiskan biaya, yang bagi kami dan keluarga adalah hasil menabung bertahun-tahun, untuk resepsi selama 4 jam? Kami setuju pesta pernikahan memang penting; tapi kami pun punya prioritas lain yang memerlukan biaya tidak sedikit.

Pada akhirnya, kami mendefinisikan ulang resepsi pernikahan kami menjadi: pesta pernikahan sederhana yang berkesan, bersama keluarga dan kerabat terdekat. Kami mulai mencari ide pesta pernikahan dengan pola pikir smart spending. Hasilnya adalah resepsi nikah on budget, tepatnya sebesar Rp48,000,000 - dibulatkan menjadi Rp50,000,000*.

*tidak termasuk budget honeymoon 10 juta, bila termasuk honeymoon menjadi Rp60,000,000.


MENGUNDANG 200 TAMU

Saya dan pasangan memilih fokus ke kualitas, bukan kuantitas. Kami mengundang 200 tamu yang adalah keluarga dan teman dekat. Saya dan pasangan mendapat porsi masing-masing 100 tamu, dimana hampir 80%-nya adalah keluarga. Memang 200 tamu terasa sedikit namun acara menjadi lebih intim; kami mengenal 100% tamu yang hadir.

VENUE SEMI OUTDOOR

Dengan undangan sebanyak 200 tamu, kami tidak perlu mencari venue besar. Sesuai impian kami untuk menikah di venue semi-outdoor, pilihan jatuh ke Azila Villa, hotel di Jakarta Timur dengan nuansa Bali.

Kelebihannya, tempat ini sudah cantik sedari awal sehingga dengan budget 6 juta, dekorasi sudah bisa mencukupi. Selain itu, karena ini hotel, kami bisa book beberapa kamar untuk persiapan di H-1 plus untuk istirahat di hari H. Kekurangannya, lokasi cukup jauh dari pusat kota. Tempat parkir juga terbatas dan perlu berjalan sekitar 300 meter menuju lokasi.


KONSEP ACARA SEDERHANA

Acara terbagi menjadi akad dan resepsi. Setelah akad selesai, acara langsung berlanjut ke resepsi tanpa jeda. Konsep kami tidak menggunakan pelaminan; pengantin akan berkeliling lokasi untuk menyapa dan berfoto bersama dengan para tamu. Jumlah tamu yang sedikit (200) memungkinkan kami untuk mendatangi para tamu. Berhubung kami berdua hobi menyanyi, kami menyiapkan momen untuk berduet menyanyikan beberapa lagu untuk semakin menghidupkan suasana.

SURAT UNDANGAN DIGITAL

Tidak ada surat undangan dalam bentuk cetak. Saya dan pasangan mengirim undangan (yang didesain oleh teman kami) via Whatsapp. Alasannya? Kami yakin >90% tamu kami punya akses Whatsapp. Bagi yang tidak, kami kontak via telepon atau kami titip melalui keluarga lainnya. Tanpa biaya cetak, kami mendapat hasil yang sama: menjangkau 200 tamu undangan.

MENGHADAPI TANTANGAN

Membuat resepsi nikah sederhana tentu ada tantangannya. Tantangan pertama yaitu meyakinkan orang tua. Umumnya orang tua ingin mengadakan resepsi pernikahan yang mengundang banyak orang. Sementara kami ingin resepsi sederhana dengan keluarga dan teman terdekat. Jadi kami berusaha meyakinkan orang tua dan mereka yang memegang peran kunci.

Tantangan lainnya, yaitu tidak mengundang yang pada umumnya diundang, seperti teman (yang tidak dekat), tetangga, rekan kantor, dll. Resiko kecemburuan tidak diundang dan gosip negatif tentu ada. Kami mengurangi resikonya dengan menginfokan dari jauh-jauh hari bahwa kami akan menikah dengan resepsi bersama keluarga saja.

PENUTUP: WE MADE IT!


Saya dan pasangan senang bisa mengalami resepsi pernikahan yang sederhana dan intim ini. Melakukan hal berbeda dari kebanyakan orang memang akan banyak hambatannya; namun kami senang bisa bekerjasama melalui itu semua.

Semoga menginspirasi teman-teman yang memiliki pandangan mengenai resepsi nikah yang sama dengan kami. Good luck!

===================

EXTRA: BULAN MADU KE HONG KONG

Hong Kong menjadi destinasi honeymoon saya dan pasangan. Total yang kami keluarkan untuk pesawat, hotel bintang 4 (3D2N), dan tiket Disneyland HK sebesar 10 juta. Angka ini bisa didapat karena kami mencari promo di aplikasi online. Sementara biaya transportasi, konsumsi, oleh-oleh, dan rekreasi lainnya kami tutupi dengan angpao yang didapat dari resepsi.

EXTRA: PERSIAPAN 1.5 BULAN

Kami sudah punya rencana menikah sejak 2017. Namun, tanggal resepsi baru kami tentukan sekitar 1.5 bulan sebelumnya. Durasi pendek ini menuntut kami untuk bergerak cepat. Misal, dalam seminggu kami harus mencari alternatif-alternatif catering dan segera memutuskan catering mana yang dipilih. Begitu juga dengan busana, dekorasi, dsb. Cukup melelahkan; namun efisien karena keputusan diambil dengan cepat.

Komentar

  1. That intense 30 days (I don't want to repeat)...

    But, hey, we did it! 💕



    Makasih sudah cukup rajin tulis di blog, Di!

    With love,
    J Jasmine yg mager jadi nulisnya cuma di story instagram 😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi boleh tanya gak? Untuk urusana misalkan koordinator/seksi2 nya keluarga atau pake WO harian ya? Photobooth itu juga masuk decor chikal ya? Ohya mbak dan mas ke salon gitu gak kaya spa/meni pedi dll. Soalnya aku mau nikah juga bulan desember baca artikel kalian jd seru sendiri! Highlight ig udh ilang ya mba? :((((

      Hapus
    2. Hi Fariska,

      Highlight instagramnya masih ada kok hehe.
      Aku jawab satu persatu yaa:
      1. Kita engga pakai WO sama sekali. Aku bener-bener dibantu sama sepupu-sepupuku yg jadi panitia. Jadi memang dari jauh-jauh hari udah harus di-briefing banget siapa bertugas ngapain pas wedding.
      2. Yes, dari Chikal.
      3. Aku cuma spa-an doang di H-1 haha. Itupun cari yang harganya lumayan ekonomis di daerah Tebet haha.

      Semoga membantu yaa, good luck persiapannya! :)

      Hapus
  2. Keren banget, Kak. Sangat menginspirasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Erlian, senang bisa membantu :)

      Hapus
  3. Wah, Salut sama keberaniannya.
    Btw, saya lg bantu temen untuk bisa melangsungkan wedding seperti ini.
    Masih tahap meyakinkan org tuanya. Doakan berhasil 🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi kusumastuti, semoga berhasil ya wedding temannya!

      Hapus
  4. Inspiratif, yg penting outputnya, semoga samawa 👍

    BalasHapus
  5. Mas, itu dokumentasi 3juta, sudah cover semua? 😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Kiky. Dokumentasi 3jt itu untuk foto+video full day ditambah video highlight 1 menit. Semua raw file foto dan video diberikan dalam bentuk flashdrive.

      Tidak termasuk edit foto karena kita bisa edit foto sendiri. Tidak termasuk cetak foto karena kita ingin cetak sendiri.

      Semoga menjawab :)

      Hapus
  6. catering sama decornya pakai apa yaa? aku rencana sih msh 2019 tp msh cari2 referensi juga, siapa tau cocok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi arghea. Katering dan dekor kita pakai Chikal Primarasa, bisa dicek di google. Semoga nemu yang pas ya.

      Hapus
  7. Sepaham dengan konsep pernikahan nya dan sangat inspiratif. Btw itu sewa venue 10jt itu berapa jam Kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Apriyanto. Itu untuk sewa setengah hari.

      ps. kebetulan juga saat itu ada promo jadi harga tersebut include book 3 kamar 1 malam. Bila tanpa promo, harga tersebut untuk sewa saja.

      Hapus
  8. terima kasih atas pengalamnya, ini berarti tidak pakai souvenir ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Citra. Terimakasih sudah membaca. Benar, kita tidak pakai souvenir.

      Hapus
  9. Halo kak, aku tertarik banget sampe saat ini aku malah ingin mengikuti konsep yang sama dan pakai vendor yang sama. Tapi kenapa untuk dekor bisa dapet 6 juta ya? aku baru aja tanya mereka patok harga 15 juta. Paket dekor seperti apa yang kakak ambil? mohon dibantu penjelasannya, terimakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mey.

      Biaya 6jt mencakup gate, kursi + background pelaminan, photobooth, dan beberapa hiasan pemanis. Dekor ini tidak banyak karena venue sudah cukup cantik dari sananya. Kalo venuenya biasa saja mungkin dekor segitu tidak akan bagus :)

      Selain itu kita catering menggunakan vendor yg sama, jadi lebih mudah untuk menawar harga.

      Hapus
    2. Tambahan: kita tidak memilih paket dekor tapi memilih per item sesuai keperluan

      Hapus
  10. This is such a my wedding dream. Thank you bro for inspiring us!

    BalasHapus
  11. Bang kerja sebagaI HR bang? Pantes planningnya Ok. Haha

    BalasHapus
  12. Mau tanya itu undanganya Rp. 0 . how can ? ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi. Karena undangan dedesain oleh teman kita (gratis) dan tidak dicetak. Kita share undangan dalam bentuk gambar via whatsapp.

      Hapus
  13. Seneng banget bacanyaaa. Inspiring bangettttt

    BalasHapus
  14. Bisa pas banget saya dan pasangan sedang merencanakan #nikahonbudget utk awal tahun depan. Persis banget budget yg ditentukan dan konsep nikahnya sesuai sama yg saya dan pasangan idam idamkan..
    Thank you mas Aldi utk tulisannya yg insya Allah sangat membantuuu!
    Doakan rencana kami berdua berjalan dgn lancar dan pastinya sesuai budget.. aamiin

    BalasHapus
  15. Kyaaaa! congrats Aldi & Jasmine semoga langgeng yaaa. happy deh bacanya dan liat foto2nya intim dan cute. small but sweet! congrats sekali lagi yaaa semoga jadi keluarga yang bahagia dunia akhirat. aamiin!

    BalasHapus
  16. hai aldi jasmin.. terinspirasi banget sama postingan kalian ttg nikah bahwa gak harus mewah tapi tetap bermakna... aku mo cba konsepnya, tapi please info gimana meyakinkan sodara atau teman2 kalo ngundangnya gak pake undangan cetak, secara gw orangnya gak enakkan.. hahahah...

    BalasHapus
  17. Mas blog ataupun post nya jangan dihapus ya. Bermanfaat banget�� biar bisa saya liat lagi kapan2 hahaha

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum kak, alhamdulillah setelah aku baca ini, akhirnya hampir ketemu jawaban aku yg ingin menikah dengan konsep nikah on budget, sebelumnya aku ucapkan makasih karena udh menginspirasi banyak orang. Aku mau nnya kak, untuk tempat itu kn di daerah tebet ya,sedangkan aku kn rumahnya di daerah sunter, kalau ke tebet kn lumayan jauh ya, kira2 kk punya link tempat untuk nikah on budget di daerah sunter? Atau mungkin kk punya tips untuk cari tempat dgn harga standar tapi kualitas yg baik?

    BalasHapus
  19. hi boleh minta daftar rekanan vendor pernikahan nya? bisa kirim ke rayinuurasih@gmail.com

    BalasHapus
  20. hai there dgn pertanyaan sama boleh minta daftar vendor nya ...please email ke vhenny_hippo@yahoo.com

    BalasHapus
  21. Mohon info beli paket honeymoonnya dimana ya ?

    BalasHapus
  22. Hai mau nanya dong mas, busana dan rias vendornya apakah?

    BalasHapus
  23. apakah catering dan dekor yang dimaksud adalah CV. CHIKAL PRIMA RASA ?

    BalasHapus
  24. Mas, ini 200 undangan berarti yg di undang cuma 100 atau total jadi 400 orang?

    BalasHapus
  25. Thanks infonya. Oiya, saya juga mau share info menarik nih. Temen-temen tau ga sih kalo ada cara ampuh untuk mempersiapkan biaya pernihakan? Dan ternyata bukan dengan menabung loh. Temen-temen bisa cek di sini: jangan menabung untuk persiapan menikah

    BalasHapus
  26. halo calon pengantin, brides and grooms to be.. sedang cari lokasi dan vendor untuk bantuin acara pernikahanmu? HIS LIPPO KUNINGAN – New Ballroom yang milenia, solusinya...
    1. Kalian para calon pengantin engga perlu pusing cari vendor, karna akan di bantu full oleh wedding planer, hanya tinggal koordinasi aja apa yang di butuhkan.
    2. Berada di lokasi strategis Jl. Rasuna Said kav B 12, Kuningan - Jakarta Selatan. Tepatnya di LIPPO KUNINGAN
    3. Kapasitas ballroom besar dan full karpet dengan NEW BALLROOM yang milenia
    4. Ballroom cantik full AC, dan parkiran cukup hingga 500 car
    5. ALL IN PACKAGE!!! sudah termasuk : pemakaian ballroom, catering, dekorasi, rias dan busana, entertainment, foto & video liputan, MC dan profesional wedding organizer. Harga paket wedding di HIS LIPPO KUNINGAN dengan fasilitas dan fitur yang sama, pasti paling efisien dibandingkan Ballroom lain, HIS LIPPO KUNINGAN mempunyai single ballroom yang new dan bergaya milenia.

    Di HIS LIPPO KUNINGAN juga terdapat banyak bonus yang menarik yah.
    Langsung hubungin thia (085156394418) untuk info lebih lengkap dan bonus yang menarik!!

    BalasHapus
  27. GEDUNG PLAZA BP JAMSOSTEK KUNINGAN JAKARTA SELATAN

    Venue pernikahan terbaru di jakarta selatan , dengan konsep Millenial building , perpaduan antara kemewahan marmer dan full karpet di bagian ballroomnya dan 4 titik lampu kristal yang membuat cantik bagian Ballroom , dapatkan harga dan promo yang menarik selama pandemic ini .. Siap membantu persiapan para calon pengantin dari persiapan sampai di hari H nya , di pandu oleh Wedding Planner profesional kami membuat persiapan pernikahan anada menjadi lebih mudah ..

    hub : 087711088803 - Endy

    BalasHapus
  28. Buat para Bride & Groom to be, bisa nikamtin program saving di awal tahun yang mau menikah di HIS plaza BP Jamsostek, wedding all in package: -fasilitas gedung, dekorasi, catering, photography, entertaiment, MC, wedding organizer, dan wedding car, Bride & Groom hanya menyiapkan undangan & souvenir saja. dan yang pasti kita juga ada BONUS BONUS MENARIK, YUUK BURUAN BOOKING FEE !!! untuk mengikat tanggal idaman dan promo nya mudah kok Groom & Bride hanya menghubungi ALI: 0813-1052-1995 (Wedding Consultant).

    BalasHapus
  29. Saya memiliki skor kredit yang sangat rendah sehingga upaya saya untuk meminjam dari Bank ditolak. Saya bangkrut sampai-sampai saya tidak mampu makan tiga kali sehari dan juga saya benar-benar bangkrut karena nama saya identik dengan kemiskinan. saya berhutang baik dari teman-teman saya dan juga dari rentenir hidup saya di bawah ancaman saya harus melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya karena sifat ancaman yang saya terima dari orang-orang yang meminjamkan saya uang Jadi saya harus mencari cara cepat dan mendesak untuk membayar kembali uang itu dan juga memulai bisnis baru usaha pertama saya sangat mengerikan karena saya ditipu sebesar Rp5.390.020.00 saya harus pindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp350.000,00 kepada pemberi pinjaman yang curang jadi saya turun secara finansial dan emosional karena ini adalah yang paling tidak saya harapkan sehingga seorang teman saya memberi tahu saya untuk menghubungi email ini: :( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahwa saya harus meminta jumlah berapa pun berharap agar Bunda Iskandar selalu menjadi kembali untuk memberikan bantuan keuangan kepada siapa pun yang membutuhkan sehingga saya meminta untuk jumlah Rp850.000.000,00 dalam waktu 24 jam cerita saya berubah untuk selamanya saya membayar semua hutang saya dan saya juga memiliki cukup uang untuk membiayai sendiri bisnis semua terima kasih kepada teman saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar pada umumnya untuk mengubah rasa malu saya menjadi terkenal
    Atas perkenan: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  30. 888 Casino Review And Bonus Code | JTHub
    888 Casino Review ➤ 과천 출장샵 Get 동해 출장마사지 the 888 Casino Welcome Bonus Code ⚡️ 제주도 출장샵 Get latest offers, 시흥 출장안마 promotions & banking methods✔️ 광양 출장안마 Check.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerja Praktek di Telkom

Belum Berhasil di Rekrutmen UFLP (Unilever Future Leaders Program)