Belum Berhasil di Rekrutmen UFLP (Unilever Future Leaders Program)

Unilever Future Leaders Program (UFLP), ini dia salahsatu program MT paling bergengsi; program 3 tahun untuk lulusan baru yang diarahkan buat jadi future leadernya Unilever. Semenjak daftar lewat jobfair ITB Oktober lalu, UFLP ini target utama saya, menarik banget kalo bisa dapet karir pertama di perusahaan FMCG ini.. sayangnya saya belum berhasil lolos rekrutmennya; di tahap akhir (assesment day - final interview) saya dapet regret letter dari Unilever. Yah sedih sih ngga lulus tahap akhir; mungkin memang rezeki saya di tempat lain.

Anyway saya mau cerita tentang rekrutmen UFLP yang terdiri dari application form, online ability test, psychometric test, dan assesment day ini. Info lebih banyak bisa main ke thread UFLP di Kaskus. Semoga ngasih gambaran buat yang ikut rekrutmen UFLP.

Tahap 1 - Application Form
Tahap pertama dari rekrutmen: pengisian form aplikasi. Form aplikasi format excel ini diunduh lewat email yang dikirim Unilever ke pendaftar UFLP. Dari info yang saya dapet, aplikan yang ngirim balik form ada sekitar 640 orang, padahal stand Unilever itu yang paling penuh di jobfair ITB; prediksi saya lebih dari 5000 orang yang daftar. Form aplikasinya lumayan detail: disamping data pribadi ada juga isian pengalaman kerja, organisasi, dan achievement. Lebih jauh lagi, ada pertanyaan tentang proudest achievement, major dissapointment, dan leadership experience; untuk ngisi form excel berisi 3 sheet ini memang perlu waktu khusus biar bisa maksimal.


Tahap 2 - Online Ability Test
Tes pertama UFLP ini meskipun online tapi dilakuin di Graha Unilever; untuk pertamakalinya saya ikut tes rekrutmen di Jakarta. Haha. Tesnya cuma 1 jam, kebagi jadi logical reasoning sama numerical reasoning. Di tes ini harus pinter2 jawab soal di tengah batasan waktu yang minim. Contoh soal tes yang diikutin sekitar 15 orang per batchnya ini bisa diliat di situs Kenexa, karna memang tes online ability ini kerjasama sama Kenexa.

Tahap 3 - Psychometric Test 
Tes psikometrik ini makan waktu cukup panjang, dari jam 8 pagi (saya pergi dari Bandung naik travel jam 3.45 subuh) sampai sekitar jam 3 sore. Tes yang diadain di Fenomena (tempat tes psikologi dsb) ini terdiri dari tes psikometrik, FGD, sama interview. Ada 8 orang di tiap batchnya, wow, keliatan semuanya orang2 hebat; plus ada beberapa lulusan S2.

Tes Psikometrik
Ini tes psikologi paling lengkap yang pernah saya jalanin: mulai dari tes dasar yang isinya logika ruang, deret angka, teknik, dan masih banyak lagi; sampai ke tes gambar orang, gambar 8 kotak (wartegg test), tes kraepelin (tes koran yang bener2 bikin stress dan harus tetep stabil, haha), tes gaya kerja, kepribadian, dsb. Banyak banget; lumayan bikin cape ngerjain tes yang berjalan sekitar 4-5 jam ini.

Focus Group Discussion
FGD disini cukup simpel; dikasih satu topik umum dan kita mulai ngebahas topik tersebut dan di akhir FGD kita buat kesimpulannya. Durasinya sekitar 30 menit, diawasin 3 assesor. Diskusi ini in english, tapi di menit2 akhir boleh bahasa Indonesia (baru sekarang ngerasain diskusi in english, ribet juga ya kalo belom biasa haha). Selama diskusi kita bisa nulis note selama diskusi; di akhir diskusi note dikumpul setelah nulis kesimpulan diskusi secara perorangan. Stelah FGD ada istirahat makan siang, sambil ngobrol2 santai sama yg lainnya, ngisi tenaga yang abis stelah tes psikometrik.. haha.

Interview
Interview disini banyak berkisar di pertanyaan tentang karakter diri kita plus pengalaman kerja dan organisasi, kurang lebih selama 30 menit - 1 jam. Interviewernya enak dalam bertanya dan ngasih komentar2 buat jawaban saya, bikin nyaman selama tahap akhir dari rangkaian tes psikometrik ini. Interview ini juga menarik karena selain interview, kita dites untuk nyusun semacam puzzle, membentuk rangkaian cerita, dsb; makin lama makin rumit levelnya.

Tahap 4 - Assesment Day
Ini dia tes paling super di rangkaian rekrutmen UFLP. Tesnya pagi sampai sore di Wisma Aldiron (lagi2 pergi subuh dari Bandung), ada 3 tahap: FGD, presentasi, sama final interview. Cuma yang lolos FGD dan presentasi yang bisa lanjut ke final interview. Pas dateng ke assesment day ini, wah ternyata peserta UFLP tinggal 15 orang lagi! Seneng bisa masuk; tapi langsung saya ngerasa jadi ikan kecil di lautan luas: kenalan sama peserta2nya dan... mayoritas punya background bisnis atau manajemen, beberapa lulusan luar negeri; tes belum mulai tapi tekanannya udah mulai.

Market Visit (Pre-assesment Day)
Sebelum assesment day, peserta harus market visit secara mandiri buat ngeliat produk Unilever di market; bisa milih fokus ke skin product, hair product, atau deodorant. Saya milih skin product (Ponds, Citra, Vaseline) karna kesannya lebih unik marketingnya. Seharian saya muter2 bareng temen ke toko kelontong, warung, minimarket (Indomaret, Alfamart, Yomart, Circle K), sampai supermarket (Hypermart, Griya, Yogya, Superindo). Disana saya nyatet2 mulai dari varian, display, kisaran harga, pesaing, promosi, dsb; plus ngobrol sama beberapa owner dan mbak SPG yang cantik.

Focus Group Discussion
Sebelum diskusi mulai, kita dikasih waktu sekitar 20 menit untuk baca soal diskusinya dan mulai nulis2 note tentang action plan yang nanti dibahas di FGD; problem berkisar di bidang marketing: soalnya ada 10 halaman mulai dari penjelasan, grafik dan chart, file email, dsb. Selama diskusi 40 menit yang diawasin 4 assesor ini saya ngerasa kalah pengetahuan marketing sama peserta lain dan ngga ngomong banyak; plus hampir tiap ide saya ngga sejalan.. Alhasil di akhir FGD saya mulai ngerasa hopeless.

Presentasi
Sebelum mulai, kita dapet sekitar 20 menit buat nyiapin presentasi (pake media paper chart) yang isinya ngebahas resiko, action plan, sama support dari soal FGD tadi. Presentasinya perorangan, cuma peserta yang mau presentasi yang ada di ruangan; plus 4 assesor. Presentasi kurang lebih 10 menit, ditambah tanya jawab 10 menit juga; serasa lagi sidang TA. Haha. Di tahap presentasi ini saya ngerasa cukup lancar dalam ngebahas materi dan jawab pertanyaan.

Setelah presentasi ada break makan siang dan disini eliminasi dimulai... Beberapa orang dipanggil satu per satu entah buat apa, feeling saya mereka lolos ke interview soalnya mereka oke pas FGD; tapi tnyata yang dipanggil kebanyakan adalah mereka yang ngga bisa lanjut. Di luar dugaan saya dapet kesempatan maju bareng beberapa orang lainnya (sekitar 8-10 orang). Lucky me! Tadinya saya udah pasrah bakal pulang setelah lunch (mengingat FGD saya ngga meyakinkan), seneng bisa ke final interview.

Final Interview
Final interview... this is it. Interviewnya sama 4 assesor; pertanyaan2nya cukup mendalam (in-depth interview) berkisar dari seputar diri kita, hasil market visit, dan pengalaman organisasi. Saya cukup tenang pas jawab2 pertanyaan; assesornya juga ngga ngasih pertanyaan2 yang menekan... tapi ternyata seminggu kemudian saya dapet regret letter dari Unilever, saya ngga lolos tahap assesment day. Kalo dipikir2, di interview ini saya kurang maksimal dalam nunjukin ketertarikan dan keterampilan saya di bidang marketing.. and I was out of luck.

Yah, memang sedih ngga dapet karir di Unilever yang adalah target pertama saya. Tapi ngga ada gunanya juga terus mikirin hal ini; ada kaskuser yang bilang di thread UFLP kalo rejection = direction. Mungkin rezeki saya memang bukan disini; mungkin saya bakal lebih berkembang di tempat lain; atau mungkin belum waktunya saya lolos UFLP tahun ini. Meski belum berhasil tapi saya seneng dapet pengalaman ikut rekrutmen UFLP yang lelah tapi menyenangkan ini; plus kenal temen2 baru yang hebat. Good luck buat temen2 yang lolos UFLP! Good luck juga buat temen2 yang belum berhasil lolos, semoga kita dapet karir yang bagus. Semangat buat kita semua.

Komentar

  1. abis liat2 eh nyasar ke blog ini...

    hebat bgt bisa masuk final ;) mau tanya nih, emang kalau mau ikut UFLP harus dari background management n marketing ya? teknik bisa?
    thankyou yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo!backgroundnya bebas kok..waktu itu yg bareng2 ikut UFLP buat marketing banyak yg dari teknik.semoga sukses bro.UFLP lagi start lagi ya buat yg taun ini?

      Hapus
  2. saya masuk blog ini setelah melihat dari kaskus.
    Pertama2 turut sedih y bro, pdhl dikit lg bisa lolos. tp hebat banget bisa sampe tahap akhir.
    saya tertarik untuk mendaftar UFLP tahun ini. tapi saya minim banget kegiatan organisasinya. kira2 menurut bro kegiatan organisasi gimana sih yg dimaksud UFLP supaya bisa lolos?
    thx y sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Hilda!
      Saya ngga tau detail seperti apa kegiatan organisasi biar bisa lolos; tapi pada umumnya kegiatan organisasi yang punya aspek kepemimpinan jadi nilai plus di mata perusahaan. Seandainya memang minim di kegiatan organisasi mungkin bisa lebih ditonjolin di aspek lainnya misal penghargaan, pengalaman kerja, pendidikan, dsb.

      Hapus
  3. mas, mau tanya benefit dr program ini ap aj ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak:pertama kita bisa banyak belajar - bahkan dapet international exposure,terus programnya ditargetin dalam 3 tahun jadi manager,salary termasuk besar untuk fresh graduate dibanding perusahan sejenis,dsb..tapi perlu diinget juga itu semua kalo kita perform dengan bagus ya.

      Hapus
  4. Wah, gila panjang banget ya proses seleksinya. Kerenn!
    Mau tanya dong, UFLP Unilever ini setahun buka berapa kali?
    Thx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sbenernya prosesnya ngga banyak tapi per prosesnya panjang bro...UFLP ini setau saya sih 2x setahunnya, biasanya di sekitar April sama Oktober. Rajin2 cek ke websitenya aja :)

      Hapus
  5. Hebat ih bisa sampe final interview.
    Aku berencana ikutan yang tahun ini nih, nanya sedikit boleh? Boleh ya :)
    Di online test nya, harus bisa jawab semua pertanyaan ya biar bisa melanjut ke tahap berikutnya? Karena waktunya emang minim banget, jadi memang gak keburu untuk isi semuanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Kezia :)
      Iya memang waktunya minim bgt pas online test itu, tapi saya juga ngga jawab beres semuanya kok hehe yaa paling 75%nya keisi. Good luck ya!

      Hapus
    2. Gak dapet, hehe.
      Emang belum jodoh kayaknya, terimakasih sudah dibalas :)

      Hapus
  6. hallo salam kenal..
    keseluruhan proses seleksiny memakan waktu berapa minggu ya?

    Semua jurusan boleh daftar ya..

    Thankss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo salam kenal juga!
      Kurang lebih waktu itu makan waktu sekitar 2 bulan. Jurusan itu tergantung posisi yang di-apply, biasanya sih ada preferensi tertentu - liat aja di keterangannya ya :)

      Hapus
  7. lg nyari2 info uflp ketemu blog ini .
    mau tanya ini kalo apply via job fair, online ability test nya emg diadain di Graha Unilever ya?
    kalo apply via web unilever nya, online test nya bakal sama diadain di sana atau gmn?
    Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Dulu sih saya tes online ability di Graha Unilever..aneh sih kenapa ngga online aja ya -_-

      Hapus
  8. Thanks banget udah sharing informasi. Memang UFLP salah satu yang bergengsi di Indonesia dan sangat sulit menembusnya. Salut buat mas Aldi yang tinggal selangkah lagi. Jadi pengen mencoba,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk isi form recrutment nya dimana link nya mas andi? Saya cari ko isi nya materi semua..

      Hapus
    2. Untuk isi form recrutment nya dimana link nya mas andi? Saya cari ko isi nya materi semua..

      Hapus
  9. Mas, bisa minta tolong gk..
    sy ingin minta contoh alasan mengikuti UFLP , kontribusi apa yg akan diberikan, dll. yg di bagian penulisan alasan yg kurang dri 250 kata...
    sy pgn ikut UFLP 2014

    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Untuk bagian itu kamu bisa tunjukkin ketertarikan dan kemampuan kamu dalam mengisi posisi yang kamu pengen.

      Hapus
  10. Hai. tahun ini saya ikutan apply UFLP. Pas latihan test online nya itu (numerical dsb) kok berasa sulit yah? takut ga lolos deh hiks.. Ada cara-cara jitu ga nih buat sukses tes online tsb? Thank youu..

    BalasHapus
  11. hallo..salam knal...hbis buka blog ini mkin tertarik buat apply di uflp,,
    kalo boleh tau kalo misal udahh g lolos di tahap akhir kayak gitu,ada kemungkinan g kita g lolos kalo misal kita ikutan lagi tahun depanya??

    BalasHapus
  12. saya dapat undangan untuk FGD tgl 14 may ini, kebetulan pas nyari reference ketemu blog ini. terimakasih atas share pengalamannya ya.

    BalasHapus
  13. mas, itu pengisian application form nya harus dengan bahasa inggris yah? soalnya bahasa inggris saya jelek bgt.ga bisa ngisi dong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesti bahasa Inggris toh tesnya juga bahasa Inggris :) dan nantinya juga bakal banyak bergaul sama bule kan kalo disana

      Hapus
  14. Hi mas Aldi, kalau misalkan tahun kemarin ngga ngisi online assessment test (dianggap gagal), terus sekarang memang ngga bisa di edit lagi ya profile nya? atau memang website nya lagi eror?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau itu lebih tanya langsung org unilevernya :)

      Hapus
  15. Halo Mas Aldi, saya kagum sama mas, padahal tinggal sedikit lagi ya mas.
    oiya mas, saya mau tanya untuk soal tes onlinenya, terdiri dari apa aja dan berapa soal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya agak lupa tes onlinenya - kalo pas saya dulu kurang lebih mirip dengan tes logika dan bahasa di kenexa (http://www.psl.com/practice/)

      Hapus
  16. Keren Mas Aldi. Makasih udah nulis kisahnya. Jadi tips dan trik paling penting buat bisa tembus menurut Mas Aldi apa nih yang dah pernah hampir lulus? :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo!

      Kebetulan sekarang saya kerjanya di bidang HR. Tipsnya adalah pilihlah pekerjaan yang paling cocok dengan minat sama bakatmu. Karena pada dasarnya yang dicari HR adalah kandidat yang sesuai sama pekerjaannya. Bisa jadi kamu tidak diterima itu karena tidak memenuhi atau terlampau bagus.

      Setelah nemu yang cocok, gimana caranya biar meningkatkan peluang diterima?
      1. Perbanyak pengalaman organisasi sewaktu kuliah - ini bakal bantu kamu untuk jawab pas interview.
      2. Latihan psikotes biar terbiasa dengan psikotes
      3. Tingkatin kemampuan komunikasi dan percaya diri

      Itu aja sih kalo dari saya - semoga membantu ya :)

      Hapus
  17. halo mas aldi.. saya punya pacar jg mau dipanggil test kamis ini tgl 21.. kirim lamaran nya sih via Recruitment unilever minta nya di wilayah sumatera, ehh ternyata di panggil test nya di JKT.. mau tanya nie mas, kmrn pacar ku ngelamar nya bagian marketing, nah dari tahapan pertama test nya gimana yahh, tlong penjelasan yahh mas.. makasiii seblum nya...

    BalasHapus
  18. fdg sama sumua interview nya in english kah??

    BalasHapus
  19. cara dapat form applicantnya gimana ya? hehe

    BalasHapus
  20. Hai Mas, saya sedang inigin bergabung ULFP tahun 2016. Prosesnya sudah sedikit jauh berneda pada masa Mas mengukutinya. Yang ingin saya tanyakan apakan kita wajib menggunakan bahasa inggris ? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  21. Apakah kalau sudah mengikuti organisasi juga menyertakan sertifikat organisasi sebagai bukti ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resepsi Nikah on Budget: 50 Juta di Jakarta

Empat Hal Wajib Kamu Siapkan untuk Travel ke Russia