Empat Hal Wajib Kamu Siapkan untuk Travel ke Russia


Tepat sebulan lalu saya travelling ke Russia, tepatnya di Moscow. Saya dapet tugas dinas ke negeri beruang putih ini all by myself alias sendirian – so dalam persiapannya saya cuma bisa mengandalkan diri sendiri. Saya bukan traveller handal yang tahu banyak tentang Eropa. Untung teman akrab saya bernama Google punya beberapa referensi blog yang memberi pencerahan tentang travelling ke Russia.

Berbekal ilmu dari tulisan-tulisan blog yang saya baca, saya cukup pede terbang ke Moscow. Sepulang dari sana, kali ini giliran saya berbagi buat kamu yang berencana pergi ke negeri Mathyroshka ini.

Ada empat hal wajib kamu siapkan untuk travel ke Russia:

1. PASSPORT

Tentu kamu perlu paspor buat pergi ke luar negeri. Bikin paspor relatif mudah kok, kamu tinggal daftar ke kantor imigrasi terdekat dari tempatmu (ngga harus terdekat dari alamat KTP). Beberapa dokumen yang perlu dibawa, diantaranya KTP, KK, dan surat keterangan kerja. Detailnya lihat disini ya – di link tersebut kamu juga bisa register online biar prosesnya lebih cepat.

Pembuatan paspor makan waktu sekitar 5 hari kerja. Perlu dicatat bahwa kantor imigrasi sering penuh, lebih baik standby dari pagi sebelum antriannya membludak bak antri sembako.

2. VISA

Beda dengan paspor, proses visa Russia relatif lebih susah. Sempet deg-degan juga waktu agency saya bilang beberapa minggu lalu kliennya ngajuin visa Russia dan ditolak. Hell, ternyata bener, pengajuan visa saya ditolak. HELL. Sampai akhirnya ganti agency lain dan berhasil. OH. YEAH. Anyway, kamu ngga mesti pakai agency kok, individual pun bisa aja.

Ada beberapa jenis visa tergantung keperluanmu - kamu bisa cek detailnya disini sembari register online. In case kamu ngurus visa ini sendiri, Kedubes Russia ada di Rasuna Said, Jakarta Selatan. Pelayanan visa disana setiap Senin-Jumat 09.00-13.00. Perlu dokumen apa aja? Diantaranya paspor, KTP, invitation letter, bukti booking pesawat, pas foto, rekening tabungan 3 bulan terakhir, surat keterangan kerja, dll. Cek disini untuk detailnya ya.

Peringatan: kamu wajib persiapan visa minimal sebulan sebelum berangkat. Sebulan pun mepet sih. Kenapa? Dari pengalaman saya, invitation letter dari Russia via DHL makan waktu seminggu untuk nyampe di Jakarta. Plus pembuatan visanya makan waktu 4-20 hari (kecuali pakai yang express, bisa selesai dalam 3 hari).

3. APPS (GOOGLE TRANSLATE & MAPS)

Di Moscow, mayoritas orang yang kamu temui di area non-perkantoran ngga bisa bahasa Inggris. Supir taksi, pramusaji, satpam bandara, pelayan toko, dll cuma bengong waktu saya bicara bahasa Inggris. Bahkan signage yang kamu temui sepanjang jalan mayoritas ditulis dalam huruf cyrillic tanpa terjemahan. Untung ada Google Translate. App ini penolong saya dalam banyak hal. Mulai dari nanya jalan sewaktu nyasar, ngecek kandungan pork di produk, flirting sama Russian ladies yang hot, sampai beli ayam di KFC.

Berikutnya, kecuali kamu mau sengaja get lost, Google Maps wajib ter-install di smartphonemu. Berhubung pengetahuan saya tentang jalanan Moscow nol besar, saya selalu set app ini aktif. GMaps juga menyediakan rute transportasi umum, salahsatunya Metro yang hampir setiap hari saya pakai untuk commute. Thank you Google.


4. UANG CASH (RUBEL)

Next mari bicara money alias alias uang – bukan Rupiah tapi Rubel tentunya. Yes, di Russia kamu bisa menggunakan kartu kredit/debit tapi tetep kamu perlu sejumlah cash untuk beberapa hal (misal naik taksi, beli tiket Metro, belanja di toko kecil, dll).

Hasil googling saya menyimpulkan bahwa money changer di Jakarta yang sedia Rubel bisa dihitung jari. Saya pilih money changer di ITC Ambassador (katanya sih paling oke) dengan rate 1 Rubel = 250 Rupiah, dengan pecahan lima ribuan. Saya cuma tukar sedikit, sisanya saya ambil via ATM di Moscow. Rate tarik di ATM ngga beda jauh kok – kalo mau hemat jangan sering tarik ATM biar ngga kena biaya admin berkali-kali. Alternatifnya, kamu bisa beli Euro/Dollar di Indonesia buat ditukar di Russia. Saran saya jangan tukar Rupiah disana, sedih liat ratenya :’)

++ OPTIONAL ITEMS 

Yang di bawah ini sifatnya opsional ya, silakan bila diperlukan: 

1. Seasonal items: sebelum berangkat, cek dulu cuaca di Russia disini. Waktu saya kesana, prediksi cuacanya di kisaran 18-20 derajat celcius dan sedikit hujan. So, saya sedia payung plus jaket agak tebal (tapi setelah 3-4 hari disana saya udah bisa jalan-jalan tanpa jaket tanpa kedinginan).

2. SIM card: kalau kamu perlu tetep terhubung (atau tetep eksis di Path) selama di Rusia tanpa bergantung Wifi, kamu bisa beli SIM card di bandara Moscow. Harganya standard, saya beli merk Beeline seharga 300 Rubel udah termasuk paket telp, SMS, plus 5GB 4G. Alternatifnya, kamu bisa pakai paket roaming dari SIM card Indonesiamu. 

3. Others: tissue basah (kalo kamu ngga bisa berada di toilet tanpa air), colokan listrik universal (tapi selama disana so far hampir semua plug standard Indonesia), dll.
======================

That’s it! Semoga tulisan ini membantu yang akan travelling ke Russia sebagaimana saya terbantu oleh beberapa tulisan blog yang saya baca.

Oia, please note bahwa tulisan ini dibuat di Juni 2016 yang mungkin akan obsolete di masa mendatang, jadi pastikan kamu terupdate dengan informasi terkini ya.


Good luck & have fun! Jangan lupa oleh-oleh buat saya ;)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resepsi Nikah on Budget: 50 Juta di Jakarta

Belum Berhasil di Rekrutmen UFLP (Unilever Future Leaders Program)

Menuju MT Star Danone