How to Get Your 1st Career as Fresh Grads


Selasa kemarin saya diundang ke acara Bioprocessional Insights UI. Saya diminta untuk menjadi pembicara dan berbagi tentang mencari pekerjaan sebagai fresh graduates. Ah, jadi inget diri sendiri pas tingkat akhir dulu: I have no idea on how to get a job. Wajar sih karena umumnya di tingkat akhir kita fokus skripsi aja. Padahal, idealnya di masa tersebut kita sudah tahu bahkan sudah mulai apply pekerjaan.

Good news: it's not as complicated as you think. Cukup 4 langkah untuk mendapatkan karir pertamamu setelah lulus kuliah. Di bawah ini slide yang saya presentasikan di acara UI lalu untuk mempermudah.


1. Define
Sebelum bertanya bagaimana cara apply kerja, pertanyaan saya, kamu mau kerja dimana? Mau kerja di tempat seperti apa? Apa aspirasi karirmu? Jawabannya bisa beragam. Misal kamu ingin high-paid job, carilah oil & gas company. Kamu ingin kerja dengan setelan eksekutif, pilih bank. Kamu ingin kerja di industri yang dinamis, pilih FMCG. Kamu boleh melamar banyak company tapi pastikan kamu memang ingin bekerja di company tersebut. Sayang kan, jauh-jauh mengikuti proses rekrutmen panjang hanya untuk mendapat tawaran kerja di tempat yang ngga kamu inginkan.

2. Search
Di 2015 ini apa sih susahnya mencari lowongan kerja :) Company website, career website, social media, bahkan aplikasi chat pun punya banyak info vacancy. Apabila kamu sudah melakukan proses sebelumnya, yaitu define, kamu tinggal manfaatkan fitur search di Google atau LinkedIn - tinggal ketik nama company yang kamu incar. Sudah ketemu? Sekarang cari tahu tentang kualifikasi, dokumen yang diperlukan, tahapan rekrutmen, dan waktu registrasi.

3. Prepare
Setiap company biasanya memerlukan kelengkapan dokumen yang berbeda - tapi semuanya pasti perlu curriculum vitae (CV). Ini dokumen paling penting saat apply kerja. Satu posisi di reputable company pasti dilamar >100 orang so kamu harus membuat CV yang outstanding. Apa yang bisa dipamerkan sebagai fresh grads? Perlihatkan education, work experience, skill, achievement, dan sertifikasi yang berhubungan. Pastikan CV kamu tetap simpel. Ingat, cantumkan yang punya nilai lebih dan related dengan posisi yang kamu lamar. Akan panjang apabila membahas tentang CV, mungkin akan saya bahas di tulisan berikutnya.

4. Apply and Pass
Ini dia bagian yang tricky. Umumnya tahap rekrutmen perusahaan untuk fresh grads akan terdiri dari assesment test, focus group discussion, interview, dan medical checkup. Kamu bisa lihat slide di atas untuk tips di tiap tahapannya. Intinya, untuk pass those steps like a boss, kamu perlu meningkatkan kualitas diri dan belajar cara menampilkan kualitas diri tersebut. Perlu kamu ketahui, setiap perusahaan memiliki preferensi berbeda. Bila kamu lolos, artinya kamu cocok dengan preferensi perusahaan. Bila sebaliknya, belum tentu artinya kamu tidak kompeten, bisa saja hanya tidak cocok.

That's it, cukup simpel kan? Semoga membantu teman-teman fresh grads untuk menemukan karir pertama. Semangat - good luck!

Komentar

  1. salam kenal mas aldi. saya fresh grad yang juga melamar MT star danone 2016. Kebetulan saya juga sudah baca mengenai postingan mas ttg rekrutmen MT danone. saya mau tanya mas, apa sekarang mas masih bekerja di danone? saya ingin tahu setelah dikontrak sebagai MT danone, jobdesknya seperti apa dan apakah masih ada sistem eliminasi? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, saya sekarang masih di Danone. Jobdesc sebagai MT, kurang lebih kamu akan mendapat serangkaian project assignment dan training program dalam tahun pertama. Yes, ada sistem eliminasi apabila tidak bisa perform sesuai ekspektasi.

      Good luck ya!

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resepsi Nikah on Budget: 50 Juta di Jakarta

Belum Berhasil di Rekrutmen UFLP (Unilever Future Leaders Program)

Kerja Praktek di Telkom