Lima Hal Wajib Tahu di Hari Pertama Kerja


Hari pertama kerja biasanya identik sama kebingungan – dari awal dateng bingung meja kerja dimana, bingung ini siapa itu siapa, dan yang paling mematikan adalah bingung mau ngapain. Sungguh pelik. Hal ini kayanya wajar buat karyawan baru, apalagi fresh graduates yang baru masuk dunia kerja; seperti yang saya alamin di hari pertama, tepat dua tahun lalu di 6 Februari 2012.Well, lain halnya sih kalo hari pertama langsung masuk program pengenalan. Kalo ngga? Nah lho. Bingung kan. Tapi setelah dipikir-pikir sebenernya ngga bingung kok, kita bisa mulai mengenal beberapa hal -yang menurut saya- mesti kita tahu di hari pertama kerja.

1.TAHU PERUSAHAANNYA
Apa kata dunia kalau kamu ngga tau perusahaan tempat kamu kerja gerak di bidang apa. Lebih-lebih kalo ngga tau nama perusahaannya (lahh?). Di hari pertama kamu bisa baca website perusahaan dan buku pengenalan kalo ada, atau bisa juga tanya langsung ke karyawannya – sekalian kenalan dan ngobrol. Kamu bisa mulai kepo-in visi misinya, bisnisnya, organisasinya, pesaingnya, dsb. Ngga usah berlebihan – sekilas aja. Saat kebanyakan karyawan baru di hari pertama belum tahu apa-apa, kamu anti-mainstream dengan udah tahu tentang perusahaan.

2. TAHU ORANG DAN BUDAYANYA
Kamu bisa mulai kenalan sama orang-orang di kantor. Namanya karyawan baru sewajarnya kamu yang inisiatif kenalan. Biasanya kenalan sama banyak orang dalam tempo sesingkat-singkatnya ujung-ujungnya lupa nama juga sih; tapi minimal kamu inget yang se-departemen sama kamu dan yang cantik (buat nemenin makan siang). Ngga kalah penting, kamu mesti kenal budayanya juga. Dulu hari pertama masuk saya pakai setelan rapi klimis bak karyawan bank… dan mulai sadar salah dresscode setelah liat sang direktur pake jeans. Jadi, kenali budayanya: mulai dari cara berpakaian, jam masuk/pulang informal, dsb.

3. TAHU BOSNYA
Di poin sebelumnya kita udah kenalan sama orang-orang secara menyeluruh, sekarang kita mengerucut ke satu orang: the boss alias atasan alias N+1. Gimana pun juga, pasti kamu bakal banyak interaksi sama bos di kantor. Makanya mesti kenal dulu biar bisa nge-klik. Nah, biar kenal, kamu bisa mulai ngobrol sama bos mulai dari topik serius tentang kerjaan di kantor sampai topik santai, misalnya apa tempat makan favorit dia di deket kantor, apa dia lebih suka Edward atau Jacob, dsb. Jangan lupa juga nanya ke temen se-departemen tentang bos kamu – pasti kamu bisa gali info lebih banyak.

4.TAHU PEKERJAAN DAN JALUR KERJANYA
Hari pertama memang wajar bingung mau ngapain; tapi ngga berarti secara kontinu bingung di depan meja sambil menatap layar komputer berhari-hari kan? Baiknya dari hari pertama kamu udah tahu jobdesc – bisa tanya HR atau langsung ke bos kamu. Setelah tahu apa yang kamu bakal lakuin di posisi sekarang, cari tahu juga posisi yang bisa kamu tempatin di masa mendatang. Dengan tahu jalur kerja, kamu bakal lebih semangat kerja biar cepet promosi. Kalau ngga ada jalur kerja? Wah, lebih baik kamu pikir-pikir lagi sebelum stagnan di posisi yang sama.

(nb: “jalur kerja” disini bisa kamu ganti jadi “jalur karir” – mungkin lebih familiar. Setelah baca buku Rene Suhardono yang ini saya ngga tega mengatasnamakan jalur karir :p)

5.TAHU KEBIJAKANNYA
Kebijakan alias policy perusahaan memang ngga bisa satu hari langsung hapal di luar kepala - kecuali IQ kamu supertinggi. Seengganya kamu udah megang buku PKB (perjanjian kerja bersama) dan tahu dimana bisa nge-akses kebijakan umum perusahaan. Dengan ini kamu bisa tahu benefit, perks, sampai ke peraturan perusahaan. Jangan sampai suatu hari kamu kena SP, misalnya, karena ngga tahu kalo di PKB tercantum nyanyi lagu Miley Cyrus di kantor merokok di lingkungan kantor itu pelanggaran berat.

That’s it! Kalo kamu bisa tahu kelima hal di atas di hari pertama berarti kamu… keren. Oke. Sebenernya saya bingung apa manfaatnya kalo kamu baca dan praktekkin tulisan ini. Intinya biar kamu bisa menyingkirkan bingung dan memberantas gabut di hari pertama kerja dengan hal yang positif. Semoga bermanfaat.

----------------------------------------------------------------------------------

*CATATAN TAMBAHAN*
Hari ini saya genap dua tahun di dunia kerja. Hore! Selama kurang lebih 365x2 hari ini, seperti Jikustik, saya masih "setia" di perusahaan pertama dengan segala kesenangan dan kesusahannya. Dua tahun yang seru buat saya: gaya hidup baru, temen baru, dan pengalaman baru. Mari kita lihat apa yang bakal terjadi di tahun ketiga. Woohoo.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resepsi Nikah on Budget: 50 Juta di Jakarta

Belum Berhasil di Rekrutmen UFLP (Unilever Future Leaders Program)

Kerja Praktek di Telkom