BBM For All: ID Lama atau Buat ID Baru?



Sabtu kemarin dengan antusiasme tinggi saya nunggu BBM For All yang katanya bakal dirilis setelah magrib.. tapii ngga kunjung datang sampai tulisan ini dibuat errr ternyata RIM cuma PHP. Haha sebenernya versi leaknya udah muncul di internet dan beberapa orang juga udah sharing di forum tentang pengalaman pertamanya menyicipi BBM di Android (atau iOS) – menarik; dan ada satu hal yang bikin saya cukup galau:

“Mau bikin ID Blackberry baru (alias PIN baru) atau tetep pakai ID Blackberry yang lama?”

Haha ya ini bukan pertanyaan yang bikin galau – tapi pertanyaan simpel ini pasti terlintas di pengguna BB yang mau mengalihkan BBMnya dari BB tercinta ke Android/iOS. Hmm oke mari kita bikin perbandingan kedua opsi ini. 

Opsi 1 – Pakai Blackberry ID Lama
Ini opsi paling praktis: kamu tinggal login dengan Blackberry ID yang lama dan otomatis semua kontak BB lama bermigrasi ke BBM di Android kesayangan kamu. Simple. Opsi ini cocok buat kamu yang ngga mau kehilangan semua kontak (dan fans mungkin.. haha) yang ada di BB lama. Negatifnya? ID ini ngga bisa aktif di dua perangkat; jadi kalo mau tetep pake BB, kamu harus bikin ID baru dan kontaknya dari nol lagi. Masalahnya BBM di Android ini kan baru rilis dan saya baca masih ada bugs; jadi bisa aja BBM di Android kamu error dan kamu butuh BB lama yang sayangnya udah ke-reset kontaknya. 

Opsi 2 – Bikin Blackberry ID Baru
Untuk opsi ini kamu klik ke bbm.com dulu buat register. Inget, ID baru berarti semuanya dari nol – kamu harus invite kontak lagi satu per satu (siap-siap olahraga jari). Opsi ini cocok buat kamu yang ngerasa kontak ato grup BBM kamu udah kebanyakan dan bikin lag; kamu bisa selektif dengan nge-invite kontak yang mau kamu simpen aja. Karena IDnya baru, kamu tetep bisa pake BB yang lama dan pindah secara paralel alias perlahan ke BBM yang baru.

Kesimpulannya? Pakai Blackberry ID lama kalo kamu pengen praktis mindahin semua kontak kamu – tapi inget kontak di BB lama kamu bakal ilang. Bikin Blackberry ID baru kalo kamu pengen selektif mindahin kontak ke BBM baru – tapi inget kamu bakal mindahin satu per satu. Nah, gimana kalo pengen selektif tapi praktis? Bisa tapi sedikit kasar: buka BB kamu, hapus kontak yang ngga akan kamu invite, terus login deh pake ID lama di BBM baru. Haha. Selamat menunggu dan memilih!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resepsi Nikah on Budget: 50 Juta di Jakarta

Belum Berhasil di Rekrutmen UFLP (Unilever Future Leaders Program)

Menuju MT Star Danone