Satu Jam Bersama Windows 8


Windows 8! Setelah dirilis resmi Oktober lalu akhirnya dapet juga operating system terkini dari Microsoft. Liat dari promonya yang wow di berbagai media, wajar kan saya punya ekspektasi tinggi buat OS yang satu ini. Haha. Sesuai judulnya "Satu Jam Bersama Windows 8", di postingan ini saya bukan expert yang bakal bahas detail tentang Windows 8. Ini sebatas kesan pertama, sebatas casual review :) Let's get it started.


Metro UI


Sepuluh detik setelah menekan tombol on dan... wuzz... saya langsung disambut tampilan Metro User Interface dari Windows 8. Beautiful. Tampilannya beda sama OS sebelumnya: tersusun dari live tiles yang "hidup" setelah saya terkoneksi ke internet. Di homescreen ini bisa ngeliat weather info, news, mail, dsb secara live - sangat bergaya smartphone (..dan ada lock-screennya). Hmm ini memang sejalan sama yang dibilang Microsoft di websitenya: "Work. Play. Serious. Fun".

Negatifnya, di samping kekerenan dan kekiniannya, OS baru ini sedikit tricky - perlu "usaha" buat tau hal yang simpel misalnya ngeclose program, cara shut down, dsb. Haha entah kenapa hal-hal simpel perlu intuisi yang lebih di OS ini - bakal kerasa kurang user-friendly buat yang udah terbiasa sama Windows sebelumnya.

Apps


Windows yang dulu kesannya "work" sekarang mulai kerasa sisi bermainnya, kenapa? OS ini punya berbagai apps yang bernuansa Gen-Y, haha. Aplikasi bawaan yang menarik buat saya adalah Mail sama People; lewat apps ini aplikasi email dan social media bisa langsung diakses via homescreen - lengkap sama updatenya. Ada lebih banyak lagi apps setelah buka Windows Store: apps untuk news, games, music, film, dsb -yang biasanya ada di smartphone- sekarang dijumpai di Windows.


Program

Apalah artinya Windows versi terbaru tanpa program favorit kita. Haha. Sayangnya, di samping kompabilitas driver yang oke (saya ngga mesti install apapun untuk sound, graphic, dsb), ada masalah sama kompabilitas program. Beberapa program dibilang "not compatible" pas mau saya install.. dan yang paling aneh antivirus saya ngeblock akses ke Metro UI. Setelah googling, ternyata Windows 8 ini memang ada masalah sama antivirus. Selain itu saya ada sedikit masalah sama program seperti NetFramework, Windows Defender, dsb - harus rajin nyari jalan keluarnya di forum-forum internet.

Verdict


PLUS: Metro UI, cool apps, fast booting
MINUS: Program compability, longer learning curve

Satu jam bersama Windows 8 keliatannya udah bikin saya tertarik full-pindah dari Windows 7 ke Windows 8. Buat yang ingin migrasi juga, biar ngga kaget sama "new experiences"nya, saran saya install dua OS dulu. Dengan cara ini kalo ngga nyaman bisa balik lagi ke OS lama dan kalo nyaman tinggal hapus OS lama dan mulai ber-Windows8-ria. Selamat mencoba! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resepsi Nikah on Budget: 50 Juta di Jakarta

Belum Berhasil di Rekrutmen UFLP (Unilever Future Leaders Program)

Empat Hal Wajib Kamu Siapkan untuk Travel ke Russia