PES 2012 Atau FIFA 12?


Pro Evolution Soccer (PES) dan FIFA jelas udah ngga asing di telinga gamer penggemar sepakbola. Saya sendiri seneng maen FIFA di awal kenal playstation, sampai akhirnya muncul PES (dulu lebih dikenal dengan nama Winning Eleven) dan saya mulai ninggalin FIFA.. Haha. Setelah 10 tahun setia sama PES, di 2010 kemaren saya nyoba maen FIFA dan.. Wow! Tnyata sekarang ngga kalah serunya. Nah, di awal Oktober ini Konami dan EA Sports selaku produsen ngeluarin seri terbaru produknya: PES2012 dan FIFA12. Beruntung saya udah bisa maenin dua2nya, haha. Yang jadi pertanyaan utama adalah: Mana yang lebih bagus, PES2012 atau FIFA12? Di postingan ini saya mau ngereview singkat kedua game ini, here we go.

Grafik dan Animasi


Dari tahun ke tahun, grafik PES selalu terlihat lebih halus dan real kalo dibandingin sama FIFA, terutama saat kamera close-up. Tapi entah kenapa, saat kamera normal (waktu gameplay), gambar di PES2012 ini keliatan sedikit blur padahal udah high setting, kalah clear dari grafiknya FIFA (update: ada patch PES yang bisa didownload buat ngilangin blurnya). Dari segi animasi, di tahun lalu FIFA jelas lebih unggul dibanding PES. Untungnya PES di seri terbarunya ini mulai menyamai FIFA dengan animasi - animasi baru yang bikin tampilan dan gameplay jadi lebih menarik; namun tentu aja FIFA sebagai pesaing ikut ningkatin kualitas animasinya dan hasilnya.. Wow! Animasi FIFA makin menarik.

Permainan dan Fitur


Salahsatu alasan kebanyakan teman2 saya memainkan PES adalah karena gameplaynya yang udah familiar: gameplay yang cepat, kontrol yang simpel, dsb. Sementara untuk memainkan FIFA perlu sedikit menyesuaikan terlebih dahulu apabila belum terbiasa, meskipun sekarang kedua game ini hampir serupa dari cara permainan. Namun secara kualitas, meskipun PES juga meningkatkan kualitasnya, FIFA tetep lebih unggul dalam gameplay, dengan permainan yang terasa semakin realistis. Dari segi fitur, PES seperti biasa diantaranya memiliki Be A Legend dan Master League yang udah jadi fitur wajib bagi para fansnya; tentunya dengan beberapa pengembangan yang bikin fitur ini jadi lebih menarik. Untuk FIFA, kebanyakan fitur berorientasi pada online. Menurut saya ini tidak akan banyak menarik gamer Indonesia yang cenderung bermain offline untuk game sepakbola.

Spesifikasi

Seri PES memang terkenal ramah spesifikasi dibanding FIFA, masih bisa dimainin di komputer dengan specs standar untuk gaming. Lengkapnya bisa liat disini (PES2012) dan disini (FIFA12). Inilah salahsatu alasan kenapa PES lebih banyak diminatin banyak orang di Indonesia. Di kampus saya sendiri banyak yang maen PES lewat laptop sama temen2nya; dan jadilah budaya kalo maen game sepakbola itu ya PES. Di sisi lain, FIFA, meskipun specsnya lebih tinggi; ini ngga lain adalah untuk mendukung grafik dan gameplaynya yang keren.

Kesimpulan


PES2012 dan FIFA12 punya kelebihan dan kekurangan masing - masing. Kalo kamu tanya mana yang lebih bagus, saya bakal jawab FIFA12; tapi kalo kamu tanya mana yang saya rekomendasikan buat kamu, bakal sulit saya jawab karena ini lebih ke selera. Banyak orang yang memang udah klop dengan seri PES sehingga ngga mau pindah ke FIFA, ada juga yang ngerasa maen FIFA itu lebih eksklusif dibanding PES, dsb. Saran saya adalah sebaiknya kamu maenin dulu kedua2nya, baru kamu bisa milih mana yang lebih menarik buat kamu. Lets play!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resepsi Nikah on Budget: 50 Juta di Jakarta

Belum Berhasil di Rekrutmen UFLP (Unilever Future Leaders Program)

Kerja Praktek di Telkom