Kirim Demo Ke Radio (+Tips)

Kirim demo ke radio memang hal wajib kalo kamu pengen demo kamu diputer di radio dan didenger sama orang lain. Nah, saya sendiri sekarang lagi ngerjain album indie solo perdana judulnya Hepiboyy and Tweenerbear (judul baru haha) dan udah jadi beberapa lagu; dan minggu kmaren saya bikin sample demo lagu buat dikirim ke radio. Di sample demo ini saya isi tiga lagu: Duniaku Terbalik (ini single pertama yang saya promosiin, nanti segera saya sebar link downloadnya ke temen2 semua :D) dan dua lagu tambahan On The Way sama Bayangkan. Liat gambar di samping? Haha ya itu CD yang udah dipaket siap dikirim. Sbenernya aga keabisan ide pas mau bikin covernya mau bikin yang gimana. Haha ya itulah jadinya: clean and simple.

Nah, untuk demo yang kali ini pertama mau saya kirim ke Ardan dulu. Apa targetnya? Jelas jadi juara chart Indie7 Ardan! Haha dari dulu saya super-penasaran pengen jadi juara indie7 Ardan. Ada tiga lagu One O One (grup hiphop saya) yang sempet masuk chart ini: Razia Polisi, Cewe Papan Atas, sama Reality Show; tapi tiga2nya belum pernah juara, paling tinggi runner-up untuk lagu Razia Polisi. Sayang skali. Oke brarti yang kali ini harus bisa lebih. Mudah - mudahan lagunya diputer, masuk chart sebagai new entry, naik, naik, dan makin naik, dan... juara! Yeah! Semoga.
Tertarik ngirim demo ke radio? Anda beruntung karena saya pernah punya pengalaman jadi music director; jadi sebagai bonus, haha, saya kasih sedikit tips biar demo kamu keliatan menarik. 

1. Bikin cover atau kemasan CD yang menarik
Tampilan luar bakal mempengaruhi MD pas ngeliat demo kamu meskipun secara ngga langsung. Jadi coba bikin cover yang menarik, kalo CDnya diprint lebih oke lagi; jadi keliatan bahwa kamu bukan artis yang asal-asalan. Tapi jangan lupa, meskipun cover keren tapi lagunya ngga keren ya sama aja.
2. Bikin profil kamu plus profil lagunya
Selain CD, di dalam kemasan demo sertain juga profil kamu, bikin yang menarik dan nunjukin karakter kamu. Bikin juga profil singkat tentang lagu yang kamu bikin, misalnya liriknya tentang apa, musiknya gimana, dsb; jadi ngasih bayangan buat sang MD sebelum lagu kamu didengerin.
3. Pastiin genre kamu sesuai sama radionya
Nah, ini juga penting. Sebagus apapun lagu kamu kalo ngga sesuai sama genre yang diputer radionya ya tetep aja kemungkinan besar lagu kamu ngga akan dimaenin
4. Kirim 2 atau 3 lagu
Yang ini memang ngga harus; tapi kalo lebih dari satu lagu MD bisa denger lagu2 kamu dan milih yang paling pas sama radionya. Lagu yang kamu jagoin simpen di track pertama. Idealnya 2 lagu aja, jangan kebanyakan, daripada kirim langsung 6 lagu mendingan kirim 3 lagu dan beberapa bulan kemudian kirim lagi 3 lagu.
5. Kasih pengantar
Ini sebagai pemanis aja, kamu bisa kasih pengantar kecil misalnya "halo,kami dari blablabla ingin mempublikasikan single baru kami blablabla semoga radio blablabla bisa memutar lagu kami" dsb. Biar lebih akrab sama MDnya.

Oke itu dia sedikit tips biar demo kamu terlihat menarik. Semoga bisa membantu :)

Komentar

  1. Salam Musik Indonesia...Telah dirilis Single terbaru dari REGI WEKING (Ex-Vocalist GARUDA FORCE Band) yang berjudul “MANIEZ” (MANIS) ber-genre POP Ballad https://itunes.apple.com/album/id1304637464 (sudah ada juga di SMULE) Terimakasih

    BalasHapus
  2. https://www.youtube.com/watch?v=ipKtn_nZlVA

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resepsi Nikah on Budget: 50 Juta di Jakarta

Belum Berhasil di Rekrutmen UFLP (Unilever Future Leaders Program)

Kerja Praktek di Telkom