Berakit Rakit Dahulu, Ber-Fixie-Ria Kemudian

Sepeda tanpa rem, umumnya warna warni dan ngejreng, dan identik sama anak muda (baca: fixie) ini memang lagi menarik banyak orang, terutama setelah ada program car free day; termasuk saya juga haha. Fixie ini punya nilai lebih buat saya karna sifatnya kustom, bisa sesuka hati bikin konsepnya. Well mungkin beberapa orang bilang fixie ini sepeda buat abg labil, haha whatever, beberapa minggu kmaren saya bareng temen2 ngerakit fixie dari nol. Apa kelebihannya kalo ngerakit fixie sendiri dibanding beli yang udah jadi? Bener ngga sih jadi lebih murah? Oke bakal saya ceritain pengalaman saya kmaren.

 Ngerakit fixie sendiri dari nol berarti kamu punya kebebasan beli part: beli dimana, merk apa, model gimana, bebas! Let the hunting begin! Haha kalo kmaren saya hunting di Veteran sama di Kaskus. Oia perlu diinget meski bebas tetep aja satu sama lain partnya mesti klop, misalnya kalo beli velg 36 berarti mesti beli jari2 36 juga, dsb. Hunting part ini bisa lama karna banyak variasi model dan harga yang bikin bingung nentuin konsep. Kenapa? Soalnya setelah kamu pengen bikin fixie konsep A, kamu liat part2 keren dan kamu ganti konsep ke B, ada lagi yang menarik pindah C, ternyata ngga sesuai budget; kamu balik lagi ke B, dst. Haha.

Untuk biaya, bisa lebih murah kalo ngerakit dibanding beli jadi untuk fixie yang sama. Biaya bikin fixie kurang lebih ada biaya part sama biaya rakit. Buat hemat biaya part, pengalaman saya biasanya yang dijual di Kaskus lebih murah; tapi kalo pengen praktis langsung aja ke toko2 sepeda. Kalo Bandung yang rame di Veteran, banyak pilihannya. Sebelum beli tawar dulu harganya, cek juga toko2 sebelahnya; beberapa kali saya nemu beda toko beda harga padahal sama produknya. Biar hemat biaya rakit, coba di bengkel sepeda yang ngga deket sama toko2 sepeda. Biasanya kalo yang deket toko nunggunya lama dan lebih mahal. Terahir buat biaya, inget bakal ada biaya ngga terduga; misalnya beli asesoris tambahan yang keren dan bikin penasaran pengen beli. Haha.

Jadi apa keuntungan ngerakit fixie sendiri? Kalo dari pengalaman saya ya tadi itu: bisa sesuka hati beli partnya dan harganya bisa lebih murah, asal rajin nyari dan teliti milih partnya. Kekurangannya? Bisa makan waktu: saya rakit sampai jadi kurang lebih seminggu. Haha soalnya jalan2 dulu nyari part yang lebih hemat, nunggu barang, ada part yang ngga pas, dsb. Tapi meskipun lama ngerakit sendiri itu menarik kok, bisa jalan2 liat2 part keren dan bisa tau bikin fixie itu kaya gimana.

Haha. Begitulah sedikit pengalaman saya. Semoga bermanfaat :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resepsi Nikah on Budget: 50 Juta di Jakarta

Belum Berhasil di Rekrutmen UFLP (Unilever Future Leaders Program)

Kerja Praktek di Telkom