SNMPTN: Dulu Peserta Sekarang Pengawas

Kembali ke empat tahun yang lalu, beberapa hari sebelum SNMPTN (SPMB lebih tepatnya). Saya duduk di kursi megang pulpen, di meja ada banyak buku dan coret2an matematik dsb: ya waktu itu jamannya sibuk ngerjain soal latihan, mulai dari tryout dan buku latihan soalnya SSC, buku 1001 Soal, dsb. Tapi itu empat tahun yang lalu. Untuk kali ini ngga ada lagi yang namanya sibuk ngerjain soal, adanya juga sibuk maen. Haha. Ya karna untuk kali ini saya bukan peserta ujian, tapi pengawas. Cool. Saya daftar pengawas SNMPTN 2011 yang diadain 31 Mei - 1 Juni 2011 kemaren; kebetulan memang jadwal lagi kosong dan pengen ngerasain rasanya ngawas SNMPTN, jadi kenapa ngga? Lets go.

Jadwal ngawas hari pertama: mulai setengah delapan, jam setengah tujuh udah harus di tempat. Wow udah lama ngga pergi pagi2 dari rumah. Jadi dari pagi saya udah makan, mandi, dan berpenampilan ala kerja praktek biar keliatan lebih cool formal; siap untuk meluncur ke tkp. Rasanya pergi pagi-pagi... enak, udaranya masih seger, dan di jalan juga ngga macet. Kesulitan bangun pagi dibalas dengan kesegaran udara pagi. Nice.

Dimana saya ngawas? Lumayan jauh dari rumah: SMPK 1 BPK Penabur di Pasirkaliki deket IP. Tempatnya di jalan besar jadi ngga perlu nyasar dulu pas mau kesana. Haha. Sebelum jam masuk ada pengarahan dulu di ruang pengawas dan saya sempet ngobrol sama beberapa guru sekolah ini; tentang program internasional, murid2nya yang pinter dan padat jadwal, dsb. Sekolah SMPK 1 BPK Penabur ini memang salahsatu SMP swasta paling maju yang ada di Bandung.

Ngga kerasa nunggu, akhirnya udah jam setengah delapan, pengawas dipersilakan ke kelas masing2. Saya masuk kelas, dan mulai mengecek kalo2 ada yang cantik kelengkapan peserta. Di kelas saya ada 20 peserta, nyebar dari berbagai SMA, dengan muka dan gerak-geriknya yang terlihat dag-dig-dug mau SNMPTN. Haha mungkin dulu saya juga gitu ya.

Ternyata banyak yang mesti dilakuin pengawas selama ujian: ngisi berita acara ujian, nyamperin peserta untuk ttd pernyataan, nyebar absen, dsb. Menurut saya pribadi prosedur ujiannya terlalu ribet, baik buat pengawas maupun buat pesertanya. Pedoman pengawas yang dikasih memang detail dengan prosedur lengkap, tapi menyulitkan buat yang belum pengalaman ngawas. Kalo untuk peserta sendiri beberapa cukup ngehambat  misalnya untuk nulis pernyataan dan tanda tangan yang butuh waktu; padahal mereka harus secepat mungkin karna waktu ujian cuma sebentar.

SNMPTN sekarang yang dites ada tes potensi akademik, tes bidang studi dasar, sama tes IPA/IPS; beda sedikit dengan jaman saya SPMB yang ngga ada tes potensi akademik. Dan waktu untuk masing - masing tes cuma sejam, padahal soal lumayan banyak. Pas istirahat saya sempet kenalan dan ngobrol sama beberapa peserta (karna bingung ngga tau mau istirahat kemana jadi tetep di kelas aja, haha) dan mereka katanya kesulitan karna waktunya terlalu singkat, plus soalnya susah tentunya. Hmm memang wajar sih; dan itu juga hal yang sempet saya rasain di SPMB dulu.

Hari kedua SNMPTN saya masuk siang karna ngawasnya IPS, dan kurang lebih sama dengan hari pertama cuma kelasnya dibedain dengan yang kemaren. Plus kali ini saya udah biasa dengan prosedurnya jadi ngga tralu bingung, haha. Dan salahsatu hal yang ditunggu di hari terakhir ini adalah: honornya! Dan ternyata jumlah honornya menyenangkan, haha ya bisa lah buat beli sepatu baru di Fila atau nraktir temen.

Yap, begitulah cerita saya ngawas SNMPTN: pengalaman menarik, pemandangan menarik, plus honor menarik. Haha.

Komentar

  1. hmmm.... jadi dapet yang cantiknya ?

    BalasHapus
  2. nugroho atma hadi3 Juni 2011 08.51

    lo daftar jadi pengawasnya di mana di? gw udah nyoba daftar lewat tu ti tapi gak keterima euy. denger2 honornya 4xxxxx nih. hahaha...

    BalasHapus
  3. Gue salah satu peserta yg kepincuf sama pengawas nih haha tp gue keilangan jejak gt tp gue tau sih univ apa.... Ada usul gak gimana cara nyarinya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resepsi Nikah on Budget: 50 Juta di Jakarta

Belum Berhasil di Rekrutmen UFLP (Unilever Future Leaders Program)

Kerja Praktek di Telkom