Pro Evolution Soccer 2011: Game Wajib Pencinta Sepakbola

Pro Evolution Soccer, kita kenal juga dengan nama Winning Eleven, memang udah dari dulu jadi game "wajib" pecinta sepakbola.. Kayanya dimana-mana kalo maen game sepakbola ya ini pilihannya. Saya sendiri maen Winning/PES udah dari jaman esde, pas masih Winning Eleven 3, dan slalu nunggu seri terbarunya muncul.. Dan sekarang, akhirnya seri terbaru yang ditunggu - tunggu muncul juga: Pro Evolution Soccer 2011. Okee saya coba review ya game sepakbola paling gress yang satu ini dari segi gameplay, features, dan graphic.

Gameplay
Nah, ini dia yang paling kerasa dibanding pendahulunya, PES2010: total control system. Total control yang diterapin bikin kita aga kesusahan di awal maen, karena tiap operan dan tendangan yang dilakuin bener - bener sesuai apa yang kita arahin di kontrol, jadi ngga ada yang "terbantu" gitu. Misal nih, mau ngoper ke arah jam1, ya kontrolnya harus diarahin ke jam1, kalo ke jam12 ya dia oper aja ke arah jam12 meski ngga ada siapa2 disitu. Awalnya emang kerasa nyebelin, tapi lama - lama enak loh! Umpan terobosan jadi makin bebas, gimana kita mau arahin kemana jadi pinter2 kita ngoper. Oia ini berlaku juga buat tendangan, harus dibiasain dulu karena memang jadi lebih advanced.  Untuk gameplay, perbedaan laennya ada di gerakan pemain yang makin realistis, keliatan lebih asli, dari mulai gerakan dribbling, kicking, goalkeeping, dsb. Terus kameranya sekarang lebih dinamis, ada gerak - geraknya. Apalagi ya... Oh, skarang kita ngga ketemu Mark Lawrenson di komentatornya, di PES 2011 ini kita ditemenin Jon Champion sama partner barunya, Jim Beglin.

Features
Fitur di Pro Evolution Soccer 2011 ini kurang lebih sama dengan pendahulunya, ada become a legend (tapi yang skarang bisa jadi kiper loh), league/cup, uefa champions league, training, extra contents, dll. Bedanya sekarang ada create a dribble, create a stadium, terus extra contentnya lebih menarik (ada wallpaper, parts stadium, sounds, legend, dll). Untuk stadium, jenis bola, dsb kurang lebih sama dengan yang sebelumnya.

Graphics
Memang untuk grafik ngga ada peningkatan yang signifikan, tapi salut buat Konami, meskipun ada peningkatan dibanding sebelumnya, system requirements buat Pro Evolution Soccer 2011 ini ngga terlalu meningkat, bahkan ampir sama sama yang sebelumnya. Alhasil bakal lancar - lancar aja buat PC yang tergolong "standar" buat game. Ngomongin tentang grafik, beda yang keliatan diantaranya pemainnya yang terlihat lebih ramping. Selain itu untuk replay ada efek motionnya, meskipun aga berlebihan kalo mnurut saya. Yang menarik dari grafik yaitu tampilan menunya yang lebih modern, enak diliatnya. Dan tampilan untuk setting gameplan macem formation dsb jadi lebih interaktif. Nice.

Nahh, jadi itulah kelebihan yang ditawarin sama Pro Evolution Soccer 2011. Kalo kamu belum nyoba pastiin nyoba deh, udah waktunya beranjak dari PES 2010 ke PES 2011 yang satu ini dan mulai mempelajari kontrolnya, biar menang kalo ditantang temen. Hehe.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resepsi Nikah on Budget: 50 Juta di Jakarta

Belum Berhasil di Rekrutmen UFLP (Unilever Future Leaders Program)

Kerja Praktek di Telkom