Creative X-Fi Extreme Audio: Seberapa Extreme?

Sekitar dua bulan yang lalu, ntah knapa soundcard saya ngga kedeteksi komputer.. dan ternyata memang rusak. Errr! Dan setelah sekitar satu bulan denger lagu dari soundcard onboard (rasanya kurang lengkap musik tanpa soundcard...), akhirnya beli Creative X-Fi Extreme Audio. Yeah! Sbenernya pengen ASUS ato Creative laennya yang punya panel audio sendiri, udah kaya mixer, tapi mahal ngga ada budgetnya T_T.

Jadi ceritanya saya pasang dan... Sip. Bassnya lebih nendang dan basah, snare lebih mukul jernih, efek suaranya kerasa. Beneran extreme sesuai namanya?. Haha. Mari kita bahas fitur di Creative X-Fi Extreme Audio ini lebih detail.

Pertama dari fitur EAX effectnya. Ada beberapa pilihan efek sperti theatre dsb. Mnurut saya sih untuk musik kurang oke, di-off atau set sedikit aja, tapi lumayan kalo buat game. Kedua ada X-Fi CMSS 3D Virtual, yaa namanya virtual karena speaker saya 2.1, memang ngga signifikan, tapi membantu (semoga saya bisa punya speaker 7.1 hehe). Ketiga ada X-Fi Crystalizer, suaranya jadi lebih tajem, perkusi lebih kerasa asli, nice. Di samping tiga fitur tadi, jelas Creative X-Fi Extreme Audio ini ningkatin performa audio jadi lebih oke.

Berikutnya recording vocal. Dicoba dan wow, hampir tanpa noise, cuma sayangnya hasil rekaman cenderung pelan, mesti dinaikin dBnya. Tapi karna kualitas rekamannya lumayan bagus ngga tralu kerasa pecah kalo dinaikin dBnya aga tinggi. Bisa aja diakalin, ngerekamnya lebih deket ke mic, tapi hati - hati sama suara nembak. Jadi... kurangnya di volume. Hasilnya sih bagus, suaranya lumayan luas; rich & clear.

Saya blum sempet nyoba banyak buat game karna lama ngetes musik; baru sempet di Mass Effect 2. Suara tembakan sama efek - efeknya lebih real. Kayanya asik nih dicoba di Call Of Duty Modern Warfare 2, biar lebih serasa perang beneran. Oke besok saya coba. Hehe.

Kesimpulannya: soundcard Creative X-Fi Extreme Audio ini bagus untuk harganya ($63) buat ningkatin performa sound komputer kamu, apalagi buat yang suka musik, game, ato film. Tapi... kalo punya budget lebih, masih banyak soundcard keren lain menunggu anda :D

Komentar

  1. mas kan ane pakai speaker 2.1, berarti colokan yang terpakai cuman 1 ya? (yang hijau)

    colokan lain yang biru, abu2 dan orange untuk apa ya?

    Mohon petunjuknya

    BalasHapus
  2. iya,kalo speaker 2.1 pakenya yang hijau aja.

    yang biru itu untuk microphone,
    yang abu2 sama orange buat speaker yang lebih dari 2.1 misalnya 5.1 atau 7.1

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resepsi Nikah on Budget: 50 Juta di Jakarta

Belum Berhasil di Rekrutmen UFLP (Unilever Future Leaders Program)

Kerja Praktek di Telkom