Menuju MT Star Danone


Setelah melewati timeline wisuda di Oktober lalu, jadi jobseeker selama 3 bulan, dan sempet gagal di tahap akhir rekrutmen; alhamdulillah sekarang saya udah tandatangan kontrak satu tahun buat program management trainee (MT) di Danone, tepatnya di divisi human resources (HR) untuk CBU Nutricia. Yeah! Haha akhirnyaa setelah apply di ITB Integrated Career Days dan melalui semua tahap seleksi Dan Youth 2011 dari Oktober lalu sampai akhir Januari ini saya bakal mulai karir pertama di awal Februari dan ninggalin status jobseeker yang melekat beberapa bulan terakhir ini. Haha. Disini saya mau berbagi alias share tentang tahapan menuju MT Star 2012 Danone yang menarik ini; semoga bisa membantu juga buat yang mau ikutan MT Star tahun berikutnya. Here we go.


1. Company Presentation + CV Selection
Company presentation Danone ini oke banget, selain dijelasin tentang program Dan Youth 2011, tentang CBU di Danone (Aqua, Nutricia, Danone Dairy, dan Sarihusada), dsb; juga ada hiburan kaya beatboxing performance dari Run BDG, lomba foto, dan beberapa quiz (saya ikutan dan dapet goodies bag, nice). Roadshow Dan Youth ini diadain di berbagai kampus, mulai dari ITB, UI, UGM, dll. Di acara ini kita bisa ngumpulin CV, kandidat yang terpilih bakal ikut initial test; beberapa -termasuk saya- waktu itu udah masukin CV lewat jobfair ITB jadi udah diseleksi sebelumnya dan bisa langsung ikut initial test.

2. Initial Test
Sore setelah jeda company presentation langsung mulai tes awal, tempatnya masih sama, di Aula Timur ITB. Ada tes numerical reasoning sama bahasa inggris selama 1 jam. Pesertanya lumayan banyak; dan besoknya masih ada lagi shift berikutnya. Malemnya hasil tes numero uno ini langsung keluar di website dancommunity dan alhamdulillah saya berhasil di langkah awal, nama saya ada di daftar nama yang lolos, yeah!

3. Panel Interview
Besoknya langsung lanjut ke panel interview di CC Timur ITB; saya dapet jadwal siang. Ini pertamakalinya saya interview in english dan bahasa inggris saya standar2 aja jadi kerasa ngga maksimal buat bilang apa yang pengen saya bilang, know what I mean? Haha. Tanya-jawab sekitar 30 menit ini kaya interview umumnya, mulai dari kenapa tertarik ke Danone, kegiatan pas kuliah, organisasi, dsb.

4. Online Test
Sesuai namanya tes ini dikerjain online di rumah masing - masing (atau dimanapun yang bisa internet, haha) lewat alamat web yang dikirim via email. Saya dapet undangan tes ini dari Nutricia, dengan kata lain saya diarahin ke CBU Nutricia (sebenernya pengen Aqua, tapi setelah selancar di internet ternyata CBU dengan produk Nutrilon, Bebelac, dkk ini juga menarik :D). Online test yang bikin pusing karena mesti ngerjain sambil ngejar2 waktu terbatas ini mirip tes di Kenexa, ada numerical (mirip initial test sebelumnya) plus logical reasoning.

5. Assesment Test
Nah ini tes yang paling seru! Diadain sama ASI -lupa singkatannya, pokoknya ini penyelenggara berbagai tes psikologi- di gedung World Trade Center, kali ini di Jakarta. Ada dua tahap di tes yang makan waktu setengah hari ini: analysis test dan interview. Di tahap pertama dikasih case tentang developer game yg perlu rekomendasi game terbaik buat di-launching; sekitar 60 menit buat beresin casenya, bebas mau pake cara apapun terserah, plus dibikin powerpointnya buat presentasi. Beres tes ini saya ngobrol sama temen2 yg lain dan... waw hasilnya beda2, haha analisisnya memang lumayan bikin kepala muter sih. Istirahat sejenak terus lanjut lagi interview sama psikolog dari ASI sekitar 30 menit, pertanyaannya bisa dibilang ringan, hmm mungkin karna psikolog jadi nyari sisi psikologinya.

6. User Interview
Beberapa minggu setelah assesment test -masa2 galau nunggu hasil assesment test- akhirnya saya dapet email yang bilang "Congratulations, you've passed the assesment test", yeah! Haha. Terus saya ditelepon dan diminta dateng buat interview user di Nutricia, tempatnya Cyber II Tower lantai 16, Jakarta Pusat. Ini pertamakalinya saya ke kantor Nutricia, tempatnya nyaman, nice. Disana saya interview sama 2 user dari divisi human resources (HR), in english. Interview satu jam ini lebih banyak ngobrol tentang human resources.

7. BOD Interview
Seminggu kemudian saya dapet panggilan lagi buat interview sama HR Director di tempat yang sama. Interview kali ini lebih mirip diskusi dan penjelasan; dari yang umum seperti sejarah HR sampai yang khusus seperti struktur organisasi divisi HR di Nutricia; kali ini ngga full english. Interview -yang ngga terlalu interview- ini menarik karena bikin saya lebih tau tentang divisi HR.

8. Medical Check-Up
Medical check-up alias medcheck ini saya jalanin di Prodia jalan Buahbatu (request Prodia deket rumah, hehe). Disana dites darah, feses, EKG, rontgen, sama fisik. Sebelumnya diminta puasa dulu 10 jam sebelum tes, tapi boleh minum air putih. Lumayan serem pas tes darah karna udah lama ngga liat jarum suntik, haha. Medchecknya sekitar 5 jam, lama soalnya ada jeda pengambilan darah kedua. Hasil medchecknya keluar setelah 3 hari dari Prodia; dua minggu setelah medcheck saya dapet email undangan final interview dari Nutricia -woohoo saya sehat- dan mikir "ini kapan tamatnya setelah medcheck masih ada interview?? Y U no end??". Haha, perjalanan masih berlanjut.

9. Final Interview (Offering)
Tahap terakhir ini (akhirnyaa nyampe final) seperti biasa bertempat di Nutricia, jam 10 pagi. Saya pergi subuh dan ngabisin 4 jam ke Jakarta (tapi ngga ada apa2nya dibanding pulangnya 8 jam karena demo buruh). Disana sempet bingung juga ini mau interview apa lagi... ternyata... "congratulations, you've passed all the selection processes". Hore! Meluncurlah surat kontrak 6 halaman sambil dijelasin sama Dan Youth Campus Manager. Kontrak ini ngga wajib langsung di-ttd, bisa dibawa pulang dulu buat dipikir sampai well-done alias sangat matang. Setelah ngambil waktu buat baca kontrak berkali-kali, minta saran orangtua, dan melalui analisis mendalam, haha, akhirnya saya ttd kontrak MT Star Danone 2012. Alhamdulillah. Semoga karir pertama yang dimulai di awal Februari 2012 ini jadi langkah awal yang awesome.

That's it! Panjang juga ya sharenya; tapi memang lumayan panjang sih tahapan MT Star ini. Semoga tulisan ini juga bisa ngasih gambaran buat yang mau join Dan Youth berikutnya (cek juga share tentang MT Star ini dari temen2 lainnya di Kaskus), sukses buat semua! Wah, ngga pernah kepikiran kalo seminggu lagi saya bakal mulai karir pertama sebagai MT HR di Nutricia. Super-mega-thanks buat semuanya yang udah ngedukung dan ngebantu saya selama berstatus jobseeker. I'm coming MT Star Danone!

Komentar

  1. Inspiratif sekaliiii :') semoga kesuksesan selalu bersama kita semua (aamiin). Terima kasih atas artikel nya yg membangun semangat ini, kebetulan saya mahasiswa tingkat akhir yg notabenenya bakal jd job seeker. Sukses terus ya!

    BalasHapus
  2. Salary/ fasilitas nya apa aja ya?
    Terimakasih

    BalasHapus
  3. Salary/ fasilitas nya apa aja ya?
    Terimakasih

    BalasHapus
  4. permisi gan...
    mau nanya proses rekruitmen MT STAR 2016 apakah sudah selesai pengumuman untuk ke tahapan user interview?
    saya mendaftar di supply chain CBU tirta investama

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Halo kak Aldi! Mau tanya-tanya nihhh hehe, moga dibales :')

    Kak, waktu interview BOD beneran cuma kaya penjelasan gitu? Bakal dikerucutin lagi jadi lebih sedikit ga? Terus pas MCU ada yg ga lolos juga ga?

    Terimakasih sebelumnya! :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resepsi Nikah on Budget: 50 Juta di Jakarta

Belum Berhasil di Rekrutmen UFLP (Unilever Future Leaders Program)

Empat Hal Wajib Kamu Siapkan untuk Travel ke Russia